Partai Politik di Era Reformasi


Reformasi adalah susunan tatanan kehidupan lama diganti dengan tatanan kehidupan baru secara hukum untuk menuju perbaikan Gerakan reformasi di Indonesia pada tahun 1998 merupakan suatu bentuk gerakan untuk mengadakan perubahan, terutama di bidang politik, ekonomi, sosial dan hukum. Runtuhnya Orde Baru pada tahun 1998 merupakan tonggak awal munculnya reformasi. Reformasi memberikan harapan kehidupan bangsa yang demokratis, munculnya tatanan baru dalam masyarakat, ada suatu jaminan hak-hak warga negara, seperti berserikat dan berpendapat. Oleh karena adannya jaminan akan kebebasan dan hak berpolitik serta demokrasi yang dibawa oleh reformasi, membuat munculnya berbagai partai politik di Indonesia dengan basis ideologi yang berbeda-beda.
Pada Orde Baru, partai politik dinilai kurang optimal dalam menjalankan fungsinya. Masyarakat kurang puas akan adanya fungsi partai politik yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu pada era reformasi diadakan pembaharuan kehidupan politik, yakni pemberdayaan partai politik untuk menegakkan kedaulatan rakyat, karena pada pemerintahan Orde Baru kedaulatan yang seharusnya dipegang oleh rakyat ternyata berbalik arah, kedaulatan dipegang oleh kelompok tertentu dan demokrasi tidak dijalankan. Karena hal tersebut maka harus dikembangkan sistem multi partai yang demokratis tanpa adanya intervensi pemerintah dan agar partai politik dapat mengoptimalkan fungsinya dengan sebagaimana mestinya.
Pada era reformasi partai politik berfungsi sebagai komunikasi politik dan pemandu kepentingan. Fungsi tersebut menghubungkan rakyat dan pemerintah. Menjembatani rakyat ke pemerintah dan pemerintah ke masyarakat. Partai politik menyalurkan berbagai macam aspirasi rakyat dan melakukan penggabungan aspirasi atau kepentingan sejenis dan kemudian merumuskan kepentingan itu untuk dijadikan sebagai usulan kebijakan kepada pemerintah agar dapat dijadikan sebagai kebijakan publik. Selain itu partai politik juga menyebarluaskan rencana dan kebijakan pemerintah kepada rakyat.
Fungsi partai politik selanjutnya adalah sebagai pendidikan politik, dalam hal ini partai poltitk pada hakikatnya mendidik warga negara Indonesia agar menjadi warga negara yang baik dan simbang. Apabila warga negara Indonesia dapat menjadi warga negara yang baik, maka kehidupan bangsa Indonesia juga akan dapat berkembang dengan baik pula. Lalu partai politik mengajarkan dan memberikan contoh kepada warga negara atau rakyat bagaimana cara berpolitik yang benar, bukan malah memberikan contoh yang kurang baik untuk rakyatnya.
Di era reformasi, partai politik menjalankan fungsi rekruitmen politik, yaitu dalam melakukan rekrutmen didasarkan pada pembentukan pemimpin bangsa yang baik, tidak hanya berorientasi pada kemenangan dan kekuasaan semata. Jika partai politik hanya berorientasi pada kemenangannya saja, maka yang akan direkrut oleh partai politik adalah mereka yang mempunyai tingkat popularitas yang tinggi, tanpa melihat kapasitas mereka. Korupsi, KKN akan menyebarluas jika orientasi partai politik hanya untuk kesenangan berkuasa.
Fungsi partai politik di era reformasi dapat berkembang lebih baik dari pada saat pemerintahan Orde Baru. Karena partai politik dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, tatanan masyarakatpun sedikit terbenahi dan semakin tertata oleh adanya partai politik. Aspirasi rakyat dapat tersalurkan dengan baik, adanya kebijakan publik yang bertujuan untuk kepentingan bersama menuju bangsa yang demokratis. Namun, apabila partai politik tidak mengoptimalkan fungsi-fungsinya dengan sebagimana mestinya, maka samasaja dengan merobohkan negara. Karena partai politik memiliki keterkaitan yang erat dengan suatu negara.

Tentang ida4lifiatin

Just a simple girl :)
Tulisan ini dipublikasikan di SISTEM POLITIK INDONESIA. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s